Pengalaman dan rasanya(suka duka) Kuliah di Telkom University

                                    Bagaiamana sih rasanya kuliah di Telkom University?





Gimana sih rasanya kuliah di Telkom?Sekolah di Telkom mahal ya?Kalo peluang kerjanya gimana misal kuliah di Telkom?
Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelajar SMA tingkat akhir(kelas 3 SMA) yang sedang mencari-cari perguruan tinggi untuk melanjutkan kuliah nantinya.
Tulisan berikut termasuk pengalam pribadi saya saat kuliah di Telkom.
Baik, karena saya tidak suka tulisan yang berbelit belit, maka  saya akan langsung to the point dan mengupas satu persatu.


  • Apa sih Telkom University?

Telkom University atau secara kaidah bahasa Indonesia Universitas Telkom adalah sebuah perguruan  tinggi swasta yang diselenggarakan oleh yayasan pendidikan telkom. Telkom University merupakan penggabungan dari empat perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) serta Politeknik Telkom. Setelah penggabungan dari empat perguruan tinggi tersebut, maka berdirilah Telkom University pada 14 Agustus 2013. Kini Telkom University telah mendapatkan akreditasi A. Untuk alamatnya  di Jalan Telekomunikasi Nomor 1, Terusan Buah Batu, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung. 
  • Apa saja fakultas yang ada?
Ada 7 fakultas untuk program S1 dan D3, yaitu teknik elektro, rekayasa industri,teknik informatika, komunikasi dan bisnis, ekonomi dan bisnis, terapan, industri kreatif. Jika ingin tahu apa saja prodinya, silakan kunjungi website resmi Telkom University.
  • Mahal  kan kuliah di Telkom Univeristy?hanya orang kaya yang bisa kuliah di Telkom?
tidak sama sekali. jika dipikir-pikir perguruan tinggi swasta yang lain tidak jauh berbeda dengan Telkom, bahkan ada yang lebih mahal daripada Telkom.
Jalur masuknya gimana aja?
ada 3 jalur untuk yang reguler, yaitu JPA(jalur prestasi akademik), UTG(ujian tulis gelombang), USM(ujian saringan mitra).
untuk yang JPA itu memakai nilai rapor, UTG itu ujian langsung, USM itu dapat rekomendasi dari suatau perusahaan.
ada banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh Telkom juga.

  • Bagaimana pengalaman kuliah di Telkom?

saya masuk melalui jalur JPA 2. Jalur yang menggunakan nilairapor dari semester 1 sampai dengan semster 5. Alhamdulillah saya dinyatakan sebagai mahasiswa Telkom University. setelah registrasi dan mengurus berkas-berkas selsesai. kemudian saya berangkat ke Bandung dari kampung halaman.

  • Mengapa ko milih kuliah di Telkom?
jujur saja, semua pelajar kelas 3 SMA pasti mengejar perguruan tinggi negeri lebih dahulu daripada langsung ke perguruan swasta. karena itu, mungkin belum rizky saya diterima perguruan tinggi negeri melalui seleksi SNMPTN dan SBMPTN. akhirnya ambisi kuliah di perguruan tinggi negeri berakhir. setelah merenung dan memikirkan ulang, apa salahnya sih kuliah di perguruan swasta. Maka, akhirnya saya pun memilih perguruan swasta yang kira saya pikir bagus. 

  • Bagaimana prospek kerja di telkom university?
jika berbicara mengenai prospek kerja, itu semua merupakan urusan Tuhan yang tahu. tugas kita hanya berusaha kuliah dengan terbaik dan buktikan pada orang tua kita bahwa kita bisa menjadi yang terbaik. tak lupa juga senantiasa berdoa kepada Allah SWT. berdasarkan alumni mahasiswanya yang telah bekerja, prospek kerja di telkom cukup baik. telkom mempunya parter kerja yang banyak. tapi permasalahnnya adalah apakah jika kita kuliah di perhguruan tinggi negeri menjamin prospek kerja yang bagus. jawabannya adalah tidak. semua adalah bersala dari kita sendiri. tergantung bagaiaman kita mau berusaha mencetak prestasi yang terbaik. Saya optimis prospek kerja di Telkom University insyaallah baik. dan memang sudah terbukti baik.

  • coba ceritakan pengalaman kuliah di telkom?
karena pada saat saya menulis tulisan ini saya baru menyelesaikan tingkat 1(baru satu tahun). awal-awal saya nekat kuliah jauh meninggalkan orang tua di kampung halaman untuk belajar hidup mandiri dan untuk mencari pengalaman baru serta juga upaya untuk meningkatkan derajat keluarga. awal-awal masuk kuliah pastinya nangis, karena baru pertama kali jauh dari orang tua. dulu yang apa-apa selalu ada orang tua, kini harus belajar memanage diri, semua serba dilakukan mandiri.

  • Nyesel ga kuliah di Telkom?

jawaban saya adalah tidak sama sekali, jauh dari orang tua berarti bagi saya untuk belajar mandiri persiapan tuk masa depan.kuliah adalah upaya untuk meningkatkan derajat kita dimata Tuhan.
Bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Nusantara yang berlatar budaya beragam berarti menambah pengalaman hidup bagi saya.. Terus bertahan adalah kuncinya.
Di sana saya bertemu dengan teman-teman yang membuat saya termotivasi untuk terus maju, karena motivasi maju sangatlah lebih dan lebih dibanding dengan semngat yang saya miliki.



Pengalaman dan rasanya(suka duka) Kuliah di Telkom University Pengalaman dan rasanya(suka duka) Kuliah di Telkom University Reviewed by everything is knowledge on July 07, 2017 Rating: 5

7 comments:

  1. Kak mau nanya nih , rencana mau masuk Telkom insyallah tahun depan. Untuk masuk lewat JPA , berapa rata" nilai rapot kakak waktu itu ? Apakah di pelajaran tertentu ada yg mendapat nilai 7 ( C ) ? Atau rata" nilai rapot kakak dari sem 1-5 nilainya 8 (B) / 9 (A) . Makasih

    ReplyDelete
  2. Makasih kak penyerahannya 😊

    ReplyDelete
  3. Keren tuh, telkom ada jurusan desain produk kan? Kunjungi blog gw ikantroduksi.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. mau nanya ka untuk nilai raport ada perbedaan ga misal saya ingin masuk ekonomi tpi saya anak IPA

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyu jawab..bisa ko..sy anak ipa kemaren di terima di ikom telkom..nilai rata2 minimal 75/80 kl gsalah

      Delete
    2. bisa dek, minimal nilai rata2 rapor 75/80

      Delete

Powered by Blogger.