Biaya Kuliah Di Telkom University Mahal

Mahalnya Kuliah Di Telkom University

Telkom University

Telkom University (Tel-U) merupakan salah satu kampus swasta favorit di Indonesia. Terbukti dengan Tel-U menduduki peringkat 1 kampus swasta versi THE WUR (Times Higher Education World University Ranking). Peraihan lain yang di terima Tel-U yaitu menjadi kampus terhijau ke 9 di Indonesia dan meraih posisi ke 123 di dunia menurut pemeringkatan UI Green Metric.

Dari prestasi dan penghargaan tersebut seolah menunjukkan bahwa kampus Tel-U merupakan kampus yang patut dapat dijadikan sebagai rujukan untuk melanjutkan jenjang perkuliahan bagi adik-adik pelajar SMK/SMA selanjutnya dan untuk meraih masa depan lebih cerah.

Langsung saja pada intinya. Penulis mempunyai pandangan bahwa kampus swasta di mana-mana memanglah mahal. Namun, kampus Tel-U bisa dikatakan sebagai kampus swasta yang termasuk mahal.

Pada saat dahulu penulis masuk kampus tahun 2016, kisaran uang semesteran (BPP) rata-rata masih 6-8 jutaan untuk jenjang S1 yang kelas reguler/non internasional. Kemudian untuk adik tingkat yang masuk pada tahun 2017 BPP hanya bertambah setengah juta saja. Dan untuk adik tingkat yang masuk setelah tahun 2017 dan seterusnya memang BPP melonjak lumayan tinggi.

Untuk pertama kali masuk kampus, calon mahasiswa diwajibkan membayar 3 jenis pembiayaan yaitu UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan) atau uang pembangunan, SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler) atau uang sumbangan, dan BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) atau uang semesteran. Selengkapnya untuk biaya kuliah Tel-U dapat dilihat pada website smb.telkomuniversity.ac.id. Untuk biaya kuliah yang masuk lewat jalur seleksi reguler berbeda dengan yang masuk lewat jalur seleksi undangan seleksi mitra.

Jadi, kira-kira bisa disimpulkan bahwa untuk kuliah di kampus Tel-U untuk awal masuk para calon mahasiswa harus menyediakan uang minimal sebesar 30jutaan dan untuk biaya per semester maka calon mahasiswa harus menyediakan uang minimal sebesar 10jutaan. Untuk gambaran kira-kira seperti itu.

Terlepas di mana pun nantinya para adik-adik pelajar berkuliah. Yang namanya rejeki memang sudah ada yang mengatur, tinggal bagaimana kita ikhtiarnya. Jika ingin berkuliah di Tel-U ataupun kuliah di yang lainnya usahakan pikirkan dengan matang-matang.

Tetap semangat. Fighting!!!!!!!!!


Biaya Kuliah Di Telkom University Mahal Biaya Kuliah Di Telkom University Mahal Reviewed by everything is knowledge on December 14, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.