Apa Itu Jurusan Sistem Informasi, Bagaimana Prospek Kerja? Kenali Lebih Dalam Secara Mendetail

Jurusan Sistem Informasi




     Bagi siswa kelas 3 SMA, pastinya sudah mempunyai bayangan kedepannya untuk melanjutkan kuliah di jurusan apa. Ada yang mempunyai cita-cita nantinya akan masuk kedokteran atau kesehatan, keguruan, teknik, politik, sosial, dan jurusan lain-lainnya. Semuanya harus direncanakan dengan matang kedepannya dan tidak boleh salah pilih jurusan. Senantiasa jangan lupa memohon pertolongan dan minta petunjuk kepada Tuhan kita, Alloh SWT.

     Kali ini saya akan membagikan informasi mengenai jurusan yang saya ambil, yaitu Sistem Informasi. Mungkin masih ada yang awam mengenai jurusan Sistem Informasi atau masih bingung bedanya dengan Teknik Informatika ataupun masih ragu dan mau memantapkan ke jurusan Sistem Informasi.

     Secara singkatnya Sistem Informasi merupakan jurusan yang menjembatani anatara proses bisnis dengan teknik informatika. Di jurusan ini, kita mendapatkan pelajaran mengenai bisnis dan juga mengenai pemrograman komputer. Sangat cocok bagi yang ingin sekaligus menimba ilmu ke komputeran dan bisnis-bisnisan.

     Bedanya dengan teknik informatika yaitu jika teknik informatika mempelajari pelajaran kekomputeran/ pemrograman komputer secara menyeluruh tanpa menyentuh proses bisnis. Namun, jika jurusan sistem informasi mempelajari proses bisnis. Proses bisnis itu nantinya dapat diimplementasikan bersamaan dengan teknologi. Teknik informatika dan sistem informasi sama-sama mempelajari mengenai pemrograman komputer dan bagaiamana membuat software (aplikasi). Bahasa pemrogramannya pun ada banyak, yaitu ada java, Python, HTML, dan yang lainnya.

     Sistem informasi merupakan jurusan yang super lengkap. Pondasi dari sistem informasi yaituSistem Informasi, Sistem Analis dan Desain,dan IT Infrastruktur. Disamping itu, sistem informasi memepelajari prinsip dan aktivitas serta mempunyai konsep, yaitu pengembangan, perancangan, operasional, pemeliharaan proses bisnis, sistem dan juga infrastruktur pendukung proses-proses dalam organisasi, serta managaement sumber daya IT dan layanan IT.

     Jurusan sistem informasi mempunyai nama lain yang beragam, diantaranya yaitu:
Management Informatika, Management Informasi, Sistem Informasi Management, Sistem Informasi Bisnis, Management Sumber Daya Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Information Science, dan masih banyak lagi nama lain dari sistem informasi. Dari beragam nama di atas, sebenarnya inti dari jurusab  tersebut yaitu sistem informasi.




     Dapat digambarkan perbedaan antara sistem informasi dan teknik informatika adalah sebagai berikut. Sistem informasi adalah sistem yang mempelajari teknologi informasi dalam ranah di sebuah sistem atau organisasi, fokus pada informasi yang dihasilkan  IT serta proses bisnis yang didukung oleh IT, lulusan sistem informasi lebih disiapkan untuk bekerja dan menghadapi masalah dalam lingkup organisai, seta seorang professional dari sistem informasi bisa menjadi jembatan antara tim teknis dengan managemnet. Teknik informatika dalam konteksnya yaitu mempelajari algoritma untuk pemrosesan sistem informasi dan terkait masalah teknis, fokus pada pembuatan teknologi, seorang lulusan teknik informatika lebih disiapkan untuk mengatasi masalah teknologi dan proses algoritma, dan seorang professional dari teknik informatika bisa menjadi dari tim teknisnya.

     Perkembangan zaman sekarang, lulusan sistem informasi sedang gencar-gencarnya dicari oleh perusahan-perusahaan di Indonesia. Mengenai prospek kerja, sistem informasi bisa merajai dibidang bisnis maupun kekomputeran. Lulusan sistem informasi bisa bekerja sebagai programmer (lulusan teknik informatika kebanyakan kerjanya menjadi programmer, analis bisnis, konsultan IT/bisnis, konsultan ERP, sistem analis, sistem administrator, dan masih banyak yang lainnya.

     Setelah sah dinyatakan sebagai sarjana jurusan sistem informasi, maka sah juga diberi gelar S.Kom . Itulah gelar yang didapat setelah menempuh S1 Sistem Informasi. Sekali lagi Selamat.




Apa Itu Jurusan Sistem Informasi, Bagaimana Prospek Kerja? Kenali Lebih Dalam Secara Mendetail Apa Itu Jurusan Sistem Informasi, Bagaimana Prospek Kerja? Kenali Lebih Dalam Secara Mendetail Reviewed by everything is knowledge on December 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.