CURHATAN SAYA : PINGIN PINDAH KAMPUS?

Niat Pindah Kampus ?



Saya merupakan mahasiswa jurusan sistem informasi yang berada di kampus terkemuka di indonesia. Pada saat ini saya hampir akan menyelesaiakan gelar sarjana saya di jurusan sistem informasi. Gelar yang akan saya dapat  kelak adalah S.Kom. Saya sangat bersyukur bisa diberi kesempatan untuk berkuliah dengan baik.
Baik, saya kan ceritakan pengalaman saya selama masa-masa kuliah. Cerita akan di mulai dengan kisah flash back.
Awal pertama kali menginjakan kaki ke kampus saya saat ini adalah berkat saya diterima melalui jalur raport. Pertama kali datang ke kampus adalah melakukan verivikasi berkas. Sangat takjub sekali melhat bangunan-bangunan gedung kuliah yang megah dan luas, berbeda sekali dengan pemandangan bangunan-bangunan gedung sekolah sewaktu SMA.
Setelah verivikasi berkas selesai, akhirnya tiba juga masa orientasi mahasiswa baru. Selang beberapa saat, akhirnya masa masuk perkuliahan datang juga. Kesan pertama adalah teman-teman baru yang sangat beragam. Mulai dari ragam bahasa maupun ragam  budaya. Sangat senang sekali bisa berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai daerah di Indonesia.



Semester pertama hingga kedua, masih lebih banyak pelajaran umum dan pengantar ke jurusan sistem informasi. Jadi, pada semster pertama hingga kedua masih belum terlalu menjurus ke jurusan. Alhamdulillah masih mendapatkan IPK yang bagus, lumayan.
Pada semster pertama saya mempunyai pemikiran untuk pindah jurusan saja dan pindah kampus. Alasan saya mempunyai pemikiran tersebut adalah “jangan bayangkan hidup merantau jauh dari orang tua itu gampang” itu kata orang lain yang saya kutip. Memang bagi saya sulit sekali berada jauh dari orang tua. Cukup jauh memang. Saya kuliah di kampus yang perlu menyeberang provinsi. Dari SMA membayangkan untuk bisa hidup mandiri dengan merantau. Tak pernah terbayang rasanya merantau sangat sulit sekali. Tiga bulan semester pertama masih teringat orang tua dengan selalu meneteskan air mata berharap bisa pulang ke rumah.  Ditambah lagi dengan menurut saya jurusan sistem informasi sama sekali tidak nyambung dengan passion dan skill yang saya miliki. Sangat tidak match sekali. Saya tak mengerti dengan komputer perkomputeran yang membuat saya harus memutar otak lebih dalam.
Mungkin kesalahan terbesar yang saya pilih. Berpikir kurang matang dan akhirnya saya  bisa salah memilih kampus dan jurusan ini. Akhirnya saya mengutarakan keinginan saya jika ingin pindah jurusan dan pindah kampus. Kemudian orang tua pun menyutujui. Cuss, akhirnya saya mantap pindah kampus dan kuliah.
Buku-buku panduan masuk berbagai kampus mulai saya buka lagi, karena saya bertekad harus lulus SBMPTN nantinya. Buku referensi lain juga mulai saya buka dengan sambil mencari-cari  saran pertimbangan benarkah keputusan saya pindah kuliah. Mengingat biaya masuk kuliah yang tidak sedikit yang telah dikeluarkan.
Banyak UKM / ekstrakurikuler tidak saya ikuti. Kenapa? Ya karena saya mau pindah kuliah. Buat apa saya mengikuti UKM pada semester awal, toh pada akhirnya saya akan pindah kampus. Mulai dari itu saya mulai fokus belajar untuk bisa lulus SBMPTN dan ujian masuk kampus lain. Berusaha masa bodo dengan mata pelajaran yang ada. Namun, saya berusaha semaksimal mungkin menangkap ilmu yang saya dapat. Akhirnya dengan rasa syukur IP semster pertama lumayan bagus.
Semster kedua, orang tua memberi isyarat kepada saya menyakan jadi pindah kuliah atau tidak. Dan saya bilang saya tidak jadi pindah kampus. Orang tua sedikit kecewa dan sedikit senang.  Orang tua memang awalnya menghendaki saya bisa masuk jurusan kesehatan atau sekolah kedinasan. Namun, Alloh lebih mengijinkan saya untuk kuliah di kampus saya sekarang ini.
Tak lain, tidak jadi pindah kampus dan kuliah di karenakan banyak sekali pemikiran yang awalnya menurut saya salah dan kini telah terjawab kebenarnya.
Memang momen tepat bagi teman-teman yang ingin pindah kuliah jika baru di semester pertama atau kedua. Jangan sampai pada semster 3 sampai 4 dst baru merasakan ketidakcocokan dan ingin pindah kuliah. Pikirkan kembali jika ingin pindah kuliah. Pikir dengan matang-matang. Jangan lupa curhatkan pada Alloh dan istikharohkan keputusan yang akan dibuat.
Pertimbangkan biaya yang telah dikeluarkan orang tua untuk membiayai kuliah.
Ingat umur. Jangan buang-buang umur dengan sia-sia. Sikapilah dengan bijak. Semakin bertambahnya usia maka kemungkinan besar untuk bisa masuk kampus favorit menjadi berkuang.
Jangan sampai berpikir pindah kuliah karena alasan kampusnya kurang tenar jadi kalau mendapatkan pekerjaan susah. Pikiran tersebut harus jauh-jauh di buang. Percayalah bahwa tuhan maha pemurah rezeki. Rezeki adalah Alloh yang mengatur. Kuliah lah dengan baik dan jadilah terbaik maka dengan ridha Alloh maka gampang mendapatkan rezeki. Hasil tidak ada yang menghianati usaha.
Jika alasan pindah kuliah adalah salah jurusan. Bertahanlah. Berusahalah dengan terbaik. Ingatlah. Betapa susahnya orang tua mencari nafkah dengan berbagai cara. Kita yang hanya di suruh untuk menuntut ilmu saja tidak bisa bertahan. Ingatlah jerih payah kedua orang tua membiayai kita kuliah.
Jika alasan pindah adalah tidak bisa adaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru. Belajarlah untul lebih terbuka dengan orang lain. Berusahalah menjadi orang yang baik dengan tetap rendah hati. Inshaalloh, Alloh akan mempertemukan dengan teman-teman yang baik dan lingkungan yang baik pula.
Itulah pesan yang saya dapatkan dari pencerahan orang-orang lain yang lebih berpengalaman ilmunya dibandingkan saya. Semoga bermanfaat.Sebagai penutup. Pikirkan dengan matang-matang dan curhatkan kepada Alloh. Fighting!


CURHATAN SAYA : PINGIN PINDAH KAMPUS? CURHATAN SAYA :  PINGIN  PINDAH KAMPUS? Reviewed by everything is knowledge on June 07, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.